Selasa, 24 Mei 2011

Jalan-jalan ke Umbul Sidomukti

UMBUL SIDOMUKTI
Selasa,17 Mei 2011
Pagi ini aku bareng temen-temen instruktur dan karyawan workshop SMK Mikael sudah berkumpul di depan gedung Wakkers.Hari ini kami akan pergi berziarah ke Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA) kemudian ke Umbul Sidomukti di Ungaran.Refreshing nda,biar ga stress karena udah terlalu sibuk dengan aktivitas kerjaan.Sekitar pk.05.30 beberapa teman sudah hadir di sekolah.Yang udah berkeluarga datang dengan istri dan anak2nya.Ada yang datang dengan pacarnya.Ada juga yang datang sendiri atau ditemani adiknya.Rencananya sh mo berangkat jam 6 biar nyampe obyek wisata nti ga’ kesiangan.Tp namanya juga pergi ma banyak orang....molor.
Pk.06.45 Ketua rombongan, yaitu Pak Iwan mulai memimpin acara.Kita berdoa dulu sebelum berangkat.Setelah doa, kami pun masuk ke dalam kendaraan yang sudah disiapkan.Panitia menyediakan 3 buah mobil dan 2 minibus untuk membawa seluruh rombongan.
Tujuan pertama adalah GMKA.Perjalanan menuju Ambarawa memakan waktu kurang lebih 2 jam, melalui bay pass sebelum Tingkir, Salatiga.Sayangnya ni jalan blum begitu baik kondisinya.Banyak lubang di sana sini.Udah bisnya ga pake AC, sopire ugal2an!Dikira barang kali nyetirnya ga mikirin kenyamanan penumpang sama sekali.Bisa dibanyangin gimana rasanya di dalam bis.Glodhak!Glodhak!Grubyakkk!Duh duh...untung ra benjut ndhasku cah!
Sampai di GMKA sekitar pk.10.15.Begitu mobil diparkir, kami pun tidak berlama-lama untuk segera memulai jalan salib.Sebagai pemimpin doa yaitu mas Joko, bacaan di tiap perhentian dibaca secara bergiliran.Seumur-umur ke GMKA baru kali ini aku ikut jalan salib.Biasanya nyampe gua langsung doa aja.

Selesai jalan salib kami pun beristirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan ke obyek wisata.Ada yang jalan-jalan ke taman, ada yang duduk2 di parkiran, foto-foto, de el el..dan kurang lebih pk.11.00 lewat, kami pun berangkat menuju Sidomukti.Kemarin waktu rapat panitia sih temenq si Tyt udah bilang kalo rute menuju Sidomukti cukup berat.Ternyata parah banget bro!Jalannya belum di aspal.Cuma semen aja beberapa meter.Di sana sini banyak lubang dan genangan air.Udah gitu jalannya sempit dan berkelok-kelok.Bener2 medan yang berat.Mobil yang dibawa Budi ampe terbakar kampas koplingnya dan mengeluarkan asap kayak bakaran sate.Jangan-jangan SIMnya nembak juga ni!hehehe....Temen2 ampe musti rame2 dorong mobil biar bisa parkir di pinggir jalan.Bis yang aku tumpangi pun harus berhenti sekitar 100 m dari pintu masuk karena di depan udah macet banget. Terpaksa deh kami semua yang naik bus mesti jalan kaki menuju lokasi wisata.Jalan salib neh ki nda.....
Akhirnya sampai juga.Tapi ga pake ngos2an kok.Udara yang sejuk, dengan pemandangan bukit-bukit hijau membuat lelah selama perjalanan terasa hilang.Cukup setimpal dengan perjuangan yang harus dilakukan.Obyek wisata Umbul Sidomukti ini terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.Hamparan hutan pinus, sawah berundak dan bukit-bukit dengan semak belukar di sekitarnya menyambut kedatangan pengunjung.Andalan utama dari obyek wisata ini yaitu kolam mata air yang diberi nama Umbul Sidomukti.Selain itu terdapat juga  flying fox, marine bridge, arena bermain untuk anak-anak, dan  kita bisa juga mengendarai ATV.Ada juga pondok-pondok lesehan untuk makan dengan menu yang beragam.
Setelah melewati pintu masuk, aku dan temen2 menuju pondok lesehan untuk makan siang.Lha ini masalahnya...tempat untuk makan siang yang cukup wat orang sekampung ada di paling atas.Kita musti menaiki kurang lebih 30 anak tangga dengan kemiringan kira2 45.Hufttt....

Sesampainya di atas kami pun melepas lelah sejenak sambil menunggu makan siang disiapkan.Menu kali ini kakap bakar dengan segala lauk pauk dan sayuran segar lainnya.Minumnya es teeehhhhh....
Habis makan, kami pun turun bersama-sama menuju lokasi.Aku sih langsung menuju ke kolam  dan cuma ambil gambar aja waktu melintasi tempat antrean Flying Fox dan Marine Bridge.Pengen nyoba sebenernya, tapi yang ngantri buanyak banget cuy!Bisa-bisa ntar sore baru dapet giliran.Kolamnya tu unik banget.Ada di tepian tebing dengan susunan batu-batu alam sebagai dinding kolamnya.Mata air yang berada di dasar kolam bisa menyembur ke udara.

Sayangnya, baru sebentar di kolam yang airnya dingin banget tu, tiba-tiba hujan mulai turun!tik...tik....tik...bunyi hujan di atas genting...begitu kira-kira lagunya.Waaaahhh...alam mulai tidak bersahabat ni.Mana ga banyak tempat wat berteduh, bawa kamera punya temen lagi.Tombok kathok kalo ampe ni kamera kemasukan aer!Kabur aja deeh....Aku dan beberapa temen sepakat untuk kembali ke pondok lesehan sebelum hujan bener-bener turun.
Sesampai di atas ternyata banyak temen yang berpikiran sama.Daripada keujanan mending ngobrol aja di pondok sambil ngabisin makanan yang dibawa dari Solo.Hehehe...
Menjelang sore, kira-kira pk.15.00 setelah puas menikmati pemandangan alam dan berfoto ria, kami pun kembali ke Solo melewati Bawen – Salatiga – Boyolali.Sampai di Solo mampir dulu di RM Tamansari wat dinner.Nyammm....Wisata hari ini cukup berkesan.Sampai ketemu lagi di jalan-jalan berikutnya ya...Hehehehehe....Shalom..

Rabu, 22 April 2009

Dalam Kebersamaan

Minggu, tgl 22 Maret yang lalu rekan - rekan instruktur diundang oleh Mas Iwan dalam acara syukuran sepulangnya Mas Iwan dari tugas di Swiss.Meskipun dari sore ujan deres banget,hampir semua datang kecuali Mas Memo yang mesti momong si kecil,si Andang yang sedang diterpa badai topan di rumahnya,Andreas yang gi masuk angin en' si Endy yang ga bisa dateng karena kecapekan setelah seharian menunaikan tugas yang sangat mulia di sawah yaitu...macul.Beberapa teman juga mengajak tambatan hatinya masing2,termasuk aku pastinya!ciee...Setelah molor sekitar setengah jam,acara pun dimulai.Acara diawali dengan ibadat singkat yang dipimpin oleh Bp.Hari Kristianto ; diisi dengan sepenggal bacaan dari kitab suci,menyanyikan beberapa bait lagu dan refleksi.Pada sesi refleksi, Bp.Y.Margono dan Bp.Wisnu Haryanto menceritakan pengalaman beliau berdua,tentang kesehatan dan hidup.Betapa kesehatan yang dikaruniakan kepada kita ini begitu berharga dan sangat mahal harganya.
Setelah sesi refleksi,ibadat dilanjutkan dengan doa syukur dan doa spontan dari beberapa rekan,termasuk aku mendoakan Yayank 'cause kebetulan hari itu dia berultah ke-21.Happy B'Day Sweat Heart...
Setelah ibadat selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah.Pada kesempatan ini Bp.Wisnu Haryanto mengungkapkan sebuah ide bagaimana caranya agar hubungan kekeluargaan di antara rekan sekerja bisa lebih akrab ; bisa lebih mengenal satu sama lain.Ide yang ditawarkan ialah dengan mengadakan kunjungan rumah,arisan dsb.Ide ini ditanggapi positif oleh teman2.Aku usul pertemuannya diadakan sebulan sekali dengan arisan,Tyt usul 3 bulan sekali aja karena kita di bengkel sibuk buanget;yang udah bapak-bapak juga buanyak acara di RT.Pak Har usul tiap pertemuan ada doorprize yang diundi.Nha,menanggapi usulan Pak Har,Gundul mengusulkan bagaimana kalo yang dapet doorprize yang bulan itu pas ulang tahun.Padahal bulan depan dia sendiri yang berulang tahun!Dasar curang!Akhirnya disetujui pertemuan diadakan 3 bln sekali,diisi dengan arisan dll.Siapa yang menjadi tuan rumah pada pertemuan berikutnya ditentukan dengan cara diundi.Yang dapet jatah berikutnya adalah Mas Joko.Yang mimpin nyanyi diundi juga.Dan yang dapet tugas besok adalah Pak ALip.Selain membahas rencana kegiatan di atas,sempat juga dibicarakan beberapa hal yang berkaitan dengan kerjaan di skul,informasi tentang HRD dari Bp.Wisnu,unit produksi,dll.Kira2 jam 9 kurang seperempat acara yang paling ditunggu-tunggu ( termasuk aku juga!hehehe...)akhirnya datang juga,yaitu : MAKAN! Tanpa babibu lagi temen2 yang udah laper bgt keliatannya langsung menyerbu R.Makan.Habis ambil makanan dan minuman,teman2 langsung ambil posisi masing2 dan mulai makan.Ada yang di dalam rumah, ada juga yang di depan rumah sambil liatin kereta api yang sesekali lewat.Sembari makan,sesekali terdengar tawa dan guyonan2. Suasana malam itu benar2 terasa hangat dan akrab.Jadi lupa dech ma smua kerjaan di bengkel!Sejenak penat yang selalu hinggap di bahu selama menjalani aktifitas pekerjaan terasa hilang,larut dalam canda dan tawa malam itu. Selesai makan kemudian masih membahas beberapa hal teknis dan akhirnya kurang lebih jam setengah sepuluh acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bp.Margono.Lalu pulang...